sekelebatsenja: Kasus Ryan: Gay = Pembunuh Sadis?

Kasus Ryan: Gay = Pembunuh Sadis?




Bagi saya kesimpulan diatas terlalu terburuburu ditarik. Namun begitulah yang muncul di kalangan masyarakat awam. Gay atau homo, yaitu orang yang memiliki orientasi seksual yang homogen, atau sejenis terlanjur menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat karena pemberitaan kasus Ryan. Karena kasus ini gay diasosiasikan dengan pembunuh berdarah dingin nan sadis. Lebih jelasnya, masyarakat menganggap GAY=PEMBUNUH seperti Ryan. Apalagi didukung oleh komentarkomentar para tokoh yang berseliweran di media cetak dan elektronik. Bahkan tak sengaja saya melihat di televisi seorang bapak berkomentar begini: ”Ya, para homo memang punya emosi yang lebih besar”
WHAT? OH YEAH?

Saya menyimpulkan bahwa bapak itu menganggap gay naturally born dengan emosi yang lebih besar daripada manusia yang punya orientasi seksual heterogen. Menurut yang saya tahu, emosi berlebih yang muncul dan di representasikan dalam tindakan para Gay (salah satunya adalah Ryan) itu adalah bentukan atau konstruksi yang lahir dari tekanan dan benturan dari masyarakat, bukan mutlak bawaan lahirnya.

Beberapa bulan yang lalu saya sempat tergabung dalam komunitas advokasi Gay, Lesbian, Bisexual dan Transexual (GLBT) QMUNITY dan disana saya mempelajari banyak hal mengenai orientasi seksual para gay dan permasalahannya dengan masyarakat. Permasalahan paling signifikan mereka adalah TIDAK DITERIMA MASYARAKAT. Alasannya bermacammacam, karena mereka dituduh sesat, menyimpang dari ajaran agama, atau menjijikkan. Menghadapi stigma masyarakat ini, para gay punya keluh kesah yang bermacammacam.

Pada sesi curhat temanteman gay berbagi pengalaman dan menceritakan bahwa saat paling sulit dalam diri adalah saat mereka harus berinteraksi dengan masyarakat, yang tak jarang melecehkan keberadaan mereka, dan kemudian mengakui pada masyarakat bahwa mereka gay. Istilah kerennya –coming out. Hal ini sangat menakutkan, mengingat konsekuensi yang harus mereka tanggung sangatlah besar. DIJUDGE, DIJAUHI, DICIBIR, DIPANDANG MENJIJIKKAN. Setelah coming out merekamerasa lebih lega karena tekanan yang ada dalam diri mereka berkurang sedikit. Namun karena tak mendapat tempat dalam masyarakat, mereka mengaku masih merasa tertekan dan ketakutan. Itu sebabnya para gay cenderung mencari perlindungan dari kalangan yang punya orientasi sama seperti mereka. Jangan salah, mereka punya ikatan yang sangat erat.

Pada kasus Ryan si pembunuh, kebetulan bahwa dia gay. Permasalahan yang timbul --yang mengetengahkan orientasi seksualnya pun disebutsebut menjadi pemicu pembunuhan yang dilakukannya. Premis ini mungkin tak sepenuhnya salah, namun apakah itu satusatunya dan cukup untuk menarik kesimpulan bahwa gay adalah pembunuh (seperti Ryan)?

Terlahir dalam masyarakat yang sangat ketat dan tidak permisif terhadap wacana homoseksualitas. Ryan ’dipaksa’ menjadi manusia yang hetero. Kasarnya, Ryan tidak memiliki pilihan untuk menjadi homo. Itu artinya tekanan yang dirasakannya lebih besar. Tekanan yang besar memberikan dampak yang besar pula bagi perkembangan diri dan emosinya. Kemungkinan emosi berlebih yang ada dalam dirinya, dipicu dengan masalah lain, memunculkan ide untuk bunuh orang.

Para Gay memiliki emosi yang cenderung berlebih yang bisa memicu tindakan kasar? Harus ditilik, mengapa emosi mereka cenderung berlebih? Apa yang menyebabkannya? Bukankah itu juga berasal dari tekanan-bersumber dari masyarakat-yang meminggirkan dan cenderung ingin melenyapkan wacana gay? Bagaimana jika masyarakat menerima kaum gay sebagai bagian dari masyarakat itu sendiri? Para Gay tak minta dilahirkan homo kan?

Semoga tulisan saya mampu menjadi gambaran agar kita bisa lebih bijak melihat kasus Ryan dari sisi yang berbeda sehingga tidak terburuburu menarik kesimpulan gegabah bahwa gay  adalah pembunuh berdarah dingin!

foto dari:sini

26 komentar:

wendra wijaya said...

Sepakat Senja.. Kaum gay sebagai minoritas adalah sekumpulan orang-orang yang disudutkan kenyataan. Kenyataan akan tanggapan lingkungannya atas "perbedaan" mereka..

Meskipun Ryan kebetulan adalah gay, kita tidaklah boleh serta merta menjudge mereka sebagai pembunuh berdarah dingin...

Intinya, seorang gay belumlah tentu pembunuh sadis dan juga belum tentu sama seperti Ryan... Ini tetap harus dibedakan..

dipoetraz said...

Faktor tekanan psikologis yang didapat seseorang karena terkucilkan dari masyarakat, entah itu karena perilaku yang menyimpang atau yang lainnya akan memunculkan tindakan-tindakan yang diluar akal sehat, mungkin juga hal ini terjadi pada Ryan. Menurut anda?

cerita senja said...

@wendra: hmmm yoi, benarr wendra. setuju setuju *manggutmanggut*

@dipoetraz: mungkin eh salah yang bener MUNGKIN BANGET..

Benny said...

kayanya jd terkenal nich orang,banyak banget yang ngebahas..
tapi intinya kita kudu harus hati2 klo mau bergaul apa lagi sama orang yang baru kita kenal..

cerita senja said...

@benny: iya mas benny apalagi yang baru kenal trus minta traktir, pinjem hape, minta dianterin kesana kemari, disenyumin berlebihan dlll (waduh, banyak amat ya???)

richard™ said...

menurut banyak sumber, Ryan itu orang baik. ketika kasus ini muncul, saya lebih menyoroti soal hal baik daripada hal gay dari seorang ryan.

kenapa yang dikatakan baik bisa sampai sekeji itu? bukankah saat ia bisa menampilkan yang baik, namun saat itu juga ia bisa melakukan kekejian lepas kekejian?

yang baik, memang belum tentu benar!

dan sayangnya, umumnya gay memiliki tampilan yang baik. bukan justifikasi, namun kalaupun ada yang mau jadi gay, nggak usah sok baik, namun cobalah untuk benar!

nb: pastinya saya bukan gay, namun menghargai pilihan siapun yg mau menjadi gay. that's your choice, and your life!

cerita senja said...

@richard TM: "yang baik, memang belum tentu benar!" yoi bos, bener nih bos, merdeka!

subagya said...

Menurut saya Ryan termasuk psikopat, harus di terapi dgn psikoterapi, menurut saya lingkunganjuga yang membentuk dia sepeti itu, masalah ekonomi sih kalau kita kotak-kotakan permasalahanya. Yah memang ironis di negeri yang subur makmur dengan hamparah sawah yang hijau masih banyak Ryan2 yang lainnya

Oeoes said...

Sip, gay juga manusia, yang juga pingin dihargai,tidak dibedakan sama seperti kita, sebaiknya kita jangan mendiskriminasikan orang dari gender atau kelainannya.
mungkin itu hanya kebetulan saja, yang membunuh seorang gay, contoh lain yang bukan gay ada kok, like sumanto, dia pria sejati malah.

psikopat beneran said...

2 Subagya :

Kalo menurut saia, Ryan bukan psikopat kok... dia normal... alasannya:

apa yang dia lakukan buat ngerajang-rajang tubuh korbannya adalah hal yang wajar. Itu semata-mata dibuatnya lantaran dia ingin "menyederhanakan" tubuh korban sehingga gampang dipendem.

Dan pada akhirnya, setelah mayat itu dipendem, maka dia pasti berpikir kalau bukti yang membuatnya jadi tersangka pembunuh bakalan ilang. So, menurut saia, aksi merajang-rajang cuma teknik si Ryan buat menghilangkan jejak saja. Siapapun bisa melakukannya, cuma, kebetulan saja Ryan itu gay ^_^

2 Mbak Senja :
Sori yo mbak, bukannya ngomentarin blognya sampean malah jadi ngomentarin komentar orang lain... masalahnya opini saia sudah tertulis di beberapa komentar atasnya ^_^

brainwashed said...

mbak senja, saya ingin klarifikasi bahwa komen saya di sudut mata, saya tidak pernah menyebutkan bahwa seorang gay sudah tentu psikopat. siapapun bisa menjadi psikopat, baik heteroseks maupun homoseks. tergantung seberapa tekanan psikis yg dia derita.

saya melihat kasus ryan sebagai kasus pembunuhan. ryan dituduh membunuh sejumlah org. terlepas dari dia gay apa tidak.

saya sependapat tekanan psikis dari seorang homoseks didapat dari tekanan masyarakat.

saya bukan bermaksud mencederai kemanusiaan, saya hanya bilang gay bisa normal, bila ia berusaha menjadi normal.

apakah mbak senja benar2 menerima homoseks? atau cuma lips service aja. apakah mbak senja bisa menerima bila ternyata orang terdekat anda ternyata seorang homoseks? pernahkah mbak senja berhadapan langsung dgn homoseks didalam satu kamar? saya bisa bilang bgini karena saya pernah berhadapan langsung dgn gay dalam satu kamar, dan dia pernah memaksa saya untuk (...) bagaimana klo itu terjadi dgn anda.

thx.

uNieQ said...

wahhh Ryann againnnnnnnn iksssss tatuttttt hehehehhehe

Blogger Addicter said...

" manggut - manggut" setuju aja deh..soalnya ngikut sama jawaban yg diatas semua..udah cocok sama yg ngasi komen semua..huehehe..

emfajar said...

waduh ga ada abis-abisnya nih berita ryan..

prihatin dengan berita di tv yang tidak memfilter berita seperti ini padahal tv kan juga ditonton anak2..

cerita senja said...

@brainwashed: sebelumnya saya mau minta maaf mas tentang komen saya itu, mungkin saya salah menyimpulkan pendapat mas itu. tapi saya juga mau jawab pertanyaan mas:

apakah mbak senja benar2 menerima homoseks? atau cuma lips service aja. apakah mbak senja bisa menerima bila ternyata orang terdekat anda ternyata seorang homoseks?
(ya, dan saya sadar apa yang saya rasakan dan pikirkan. teman dekat saya gay, so? saya tahu dia sadar dengan apa yang ia perbuat, dan yang saya lakukan adalah menghargainya bukan?)

pernahkah mbak senja berhadapan langsung dgn homoseks didalam satu kamar? saya bisa bilang bgini karena saya pernah berhadapan langsung dgn gay dalam satu kamar, dan dia pernah memaksa saya untuk (...) bagaimana klo itu terjadi dgn anda.

(itu telah terjadi pada saya, sama persis dengan mas deskripsikan. yang saya lakukan waktu itu saya menjelaskan padanya bahwa saya straight dan berharap ia bisa menghargai pilihan saya, dan akhirnya dia minta maaf sama saya. tidak sulit kok)

thx :)

Nandien said...

hanya ingin memberi sedikit komentar, jangan hakimi orang hanya karena ia berbeda. yang penting adalah bagaimana kita bisa menghargai satu sama lain, lebih baik berprasangka baik daripada berprasangka buruk bukan? selain itu, keyakinan dalam diri kita mengenai baik atau buruk adalah yang paling utama...jadi bila ada godaan datang maka kita berani berkata tidak.

dee said...

wih ryan lg naik daun bgt yah..

sy juga ga setuju dengan judgement bawha gay memiliki emosi yg lebih labil en berpotensi jd pembunuh sadis. penilaian itu ga adil. apalagi, di indonesia, gay tuh minoritas.

Jangan cepet2 membuat keputusan. Toh bs jd, tanpa ada kaitannya dengan ke-gay-annya, ryan udah psikopat. Dan ga smua org yg gay itu "sakit jiwa". Si ryan itu pembunuh yang kebetulan gay..

hari Lazuardi said...

Tulisan yang bijak, sudah mampu memberi gambaran yang gamblang dan mudah dicerna…

Aku said...

tulisan yang bagus.

semoga saja Kasus Ryan bisa diambil hikmahnya oleh semua kalangan.

trims.

Anonymous said...

Ok .. yg pengen gw ceritakan. ga semua gay itu gitu kok.. gw Juga gay umur gw 26 ok .. and gw da pacaran ama pasangan wa selama 9 taon lamanya and sering kemana2 bersama, mau ke luar kota (di Indo) ato pun sampe ke Luar negeri kadang kita bersama2, it's fair ok.
buktinya buat sakitin seekor kucing ato pun tikus aja w ga tegaan, apa lagi sampe membunuh kek ryan .. amit2 d... gw ga begitu suka campur urusan org.. begitu jg ma pacar gw..

Intinya OK ga semua org GAY itu seperti RYAN cam kan tuh baik2, and org yg seperti RYAN lah yg perlu di berantas ato di binasakan.. HUKUM mati aja tuh RYan .. malah gw denger dari sumber terakhir Ryan di layanin sperti raja di Penjara ... HAhaha..

kalo di tanya yg setuju RYAn di hukum Mati sapa?
wa org pertama yg akan berdiri di DEPAN. ANJing tuh org ..

gitu aja d

indonesia gay pulau said...

Mencari gay baik. dg hati yg benar2 tulus, tuk sejaman ini sudah langka. apalagi anda membawa niat perkenalan cuma sebatas sex! tentu pihak lain akan menanggapi anda juga negatif. ada nilai egois disitu. anda cuma berharap senang2 semata. orang lain tentu berpikir! tak semua orang suka dg budaya simple yg anda tawarkan!
bukan mustahil dalam orientasi gay ada hubungan yg awet! itu bagaimana anda menjalani. awet juga bukan harus berstatuskan pacaran? atau harus menikah? bukan jaminan! selama ada nilai nyaman anda jalin selama dg dia? tentu buat anda sudah malas tuk mencari... kurang tau, jika memang bakat anda sudah liar & hunter!
tapi seorang gay kebanyakan selalu mematok partnernya tidak bergaya lebay / alay / ngondex ! karena gay seperti ini sangat kontroversi dimata umum! tidak bagus dipandang! & pasti mengundang opini jelek, buat orang disampingnya! yaa barangkali masih ingin privacy...?
& paling jujur, lebih dari 80% gay... tidak suka Gay kemayu!
itu sudah kebanyakan fakta yg dicari...
begitu pula saya, tidak pernah suka dg makhluk tsb. ABG/brondong sekalipun saya kurang tertarik! pola pikir mereka masih sangat dangkal... cendrung labil... & kebanyakan juga moneyboy!
welcome tuk pria gay dewasa. saya akui saya baik, jika ingin direspon baik juga, anda juga harus berkenalan dg baik pula! tunjukan niat baik anda! salam : +6285664600785

dewi fira said...

OBAT PERANGSANG WANITA
Sex Drops Cair
Potenzol Cair
Perangsang Jel
Red Spider Cair
Viagra Cair
DH2O Cair
Blue Wizard Cair
Black Ant Cair
Spanish Fly Cair
Spanish Fly D5
Obat Plant Vigra
Permen Ailida
Permen Karet Perangsang
Perangsang Serbuk
Black Ant Serbuk

ALAT PEMBESAR PENIS
Pro Extender
Vakum Pompa Penis

OBAT PEMBESAR PENIS
Neosize XL
Vigrx Plus
Vimax

OBAT MANDUL
Obat Penyubur Sperma
Obat Penyubur Kandungan
Obat Penambah Sperma

PEMBESAR PAYUDARA
Vakum Pompa Payudara

dewi fira said...

SEX TOYS PRIA
Vagina Getar Suara
Vagina Ngangkang Getar Suara

SEX TOYS WANITA
Penis Tempel Manual
Penis Maju Mundur Putar
Vibrator Lipstik
Penis Sakky Elektrik
Penis Kelabang

OBAT tAHAN LAMA
Maximum Powerfull
Africa Black Ant Kapsul
Procomil Spray
Darling
Stud 007

Anita Tri Ulina said...

Wonder Full. Semoga allah swt akan selalu mempermudah hambanya. Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwarePenyakitObatbusinesKesehatanHot NewsDownload E-bookKhasiat dan ManfaatHidup SehatDokter HerbalPenyakit

Anita Tri Ulina said...

Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwarePenyakitObatbusinesKesehatanHot NewsDownload E-bookKhasiat dan ManfaatHidup SehatDokter HerbalPenyakit

Game Online said...

SHINCHANPOKER.COM AGEN POKER DAN DOMINO TERBAIK DI INDONESIA

MIYABIPOKER.COM AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA

CAHAYAPOKER.COM AGEN JUDI POKER DAN DOMINO UANG ASLI ONLINE TERPERCAYA INDONESIA

SAHABATQQ.COM AGEN DOMINO99 DAN POKER ONLINE TERBESAR DI ASIA

ituDewa.net Agen Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia

Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia