sekelebatsenja: selamat hari jadi, ibuk

selamat hari jadi, ibuk

aku ingin menulis sedikit tentang ibuk, seseorang yang selalu membuatku bersyukur dengan caraku sendiri.

ibukku adalah orang biasa, bukan seorang menteri. tapi ya, kenyataan bahwa dia sibuk itu benar. karena kesibukannya itu pula ketika kecil aku merasa tak punya cukup banyak waktu bersamanya, setidaknya menurutku yang saat itu berumur 5 tahun, manja dan jablay. karena kesibukannya jugalah aku merasa agak jauh dengan ibuk. kami berjarak. ibuk menghabiskan banyak waktunya dengan bekerja. enam hari dalam seminggu, delapan jam dalam sehari. kadang ibuk juga memberi pelajaran tambahan bagi muridmuridnya-ibukku seorang guru. sementara dia mengajar aku ditinggal di sebuah rumah kosong dengan secarik pesan “tidak boleh bermain korek api”. aku kecil merasa ibuk tak cukup memperhatikanku, aku merasa ditinggalkan. namun kelak ketika besar aku tahu bahwa sibuknya ibuk itu untukku juga, agar segala kebutuhanku terpenuhi. 

sedari kecil, sulit bagiku untuk sekedar berkata ”buk, aku sayang ibuk”, memeluknya, ataupun sekedar memberi sebuah senyuman kecil baginya. padahal kulihat temantemanku sepertinya biasa saja melakukannya dengan ibu mereka masingmasing. entah kenapa aku tak bisa, lidahku serasa kelu ketika hendak mengucapkan ‘aku sayang ibuk”, meski dengan lirih. tanganku juga terasa aneh ketika hendak memeluknya. hal paling intim yang pernah kulakukan adalah mencium tangannya, tak lebih. tak ada bisikan sayang, peluk, atau senyuman kecil yang centil sebagai tanda sayang seperti yang kulihat dari temantemanku. 

beranjak remaja tak setiap perkataan ibuk kuikuti dan kuamini, kuanggap ibuk sering mencampuri urusanku, terlalu sering berkomentar ini itu, selalu khawatir yang berlebihan. pernah suatu saat aku membuatnya menangis. aku menyesal. ingin aku minta maaf, namun aku tak mampu. sulit sekali. tapi di hari berikutnya ibuk bersikap biasa saja padaku, aku malu pada diriku sendiri dan pada ibuk, aku pun hanya bisa mengucap maaf dalam hati. kelak aku tahu bahwa ibuk hanya tak pernah inginkan hal buruk terjadi padaku, anaknya. yang aku yakin dengan sepenuh hati selalu dicintainya.

buk, aku bahagia ibuk masih sehat diusia yang tak lagi muda ini. aku bersyukur ibuk masih diberi kesempatan melihat anakmu ini lulus perguruan tinggi seperti yang selalu kau katakan: “anak perempuan harus jadi orang yang kuat. sekolah yang tinggi, terbang yang jauh, jadi orang.” 

aku tenteram karena kau ada disana, melihatku tumbuh. 

buk, aku ingin kau tahu bahwa aku sayang padamu, maaf bila tidak seperti cara orang lain mengungkapkan pada ibu mereka, dengan peluk dan cium. aku menyayangimu dalam tangisku ditengah malam yang sepi, dalam setiap kegagalan yang menimpaku, dalam setiap sikap kasarku yang menerbitkan penyesalan yang dalam.  

buk, aku ingin minta maaf bila di hari ulang tahunmu, anakmu ini belum bisa memberikan hal yang lebih kecuali sebuah ucapan yang selama ini tertambat di bibir..
“selamat hari jadi, ibuk. aku sayang ibuk..”

32 komentar:

cerita senja said...

aku merasa sedih,
mengingat sisa waktu untuk membahagiakanmu semakin sempit, buk

brainwashed said...

postingan sekaligus renungan yg bagus, membuatku kembali ingat sm ibu :p

"sementara dia mengajar aku ditinggal disebuah rumah kosong dengan secarik pesan “tidak boleh bermain korek api”." ---- ngakak bacanya.. emg kmu hobi maen gretan (korek api) ya win? :D

Selamet ulang tahun untuk ibu nya winda, semoga panjang umur dan selalu sehat..

klo ibumu baca tulisan ini pasti beliau terharu, coba deh sekali-kali nyatain perasaan kamu ke ibu.. *lho* :D

Tentang kuli Pelabuhan said...

setidaknya kau bisa bahagia sekelebat, karena si ibuk ada di sampingmu selal dan setiap saat ada waktu untuk menunjukkan perhatianmu.
jika makanan yang paling enak sedunia adalah bakwan, maka orang yang paling au sayangi adalah ibuku.aku punya berjuta-juta rencana untuk kebhagaiaan dia (dan bapakku tentu saja)yang tak satu pun aku bisa realisasikan saat ini.
kau masih memiliki tanggal lahirnya yang bisa kau ingat setiap tahun.
aku sudah lama ingin mencatat perempuan perkasa ini. mungkin nanti, di hari ibu.

Tentang kuli Pelabuhan said...

oh ya selamat ultah ibunya sekelebat senja.. eh, winda ding.. yang keberapa ibu guru??

cerita senja said...

to brainwashed: :) makasih mas fer, semoga kita selalu sayang sama ibuk kita

to kuli pelabuhan: makasih ya mas kul, semoga bisa terlaksana sebentuk keinginan membahagiakan orang tua :)

suwung said...

mbak... nanti pada waktunya kan mbak juga jadi ibu juga

mungkin dengan niat membalas budi baik ibuknya mbak senja....
mbak senja dalam membesarkan anknya nanti harus lebih baik dari ibunya mbak senja (weh ini yang nulis soewoeng?)

suwung said...

bilang ama camer... selamat ultah
semoga panjang umur
sehat selalu
banyak rejeki
selalu dalam lindungan NYA

riosisemut said...

Hae...bahagia rasanya bs mampir meski sejejap dan ngasih comment di blog ini lg,

"Ketika Aku menciptakan seorang Perempuan, ia di haruskan utk mnjadi seorang yg istimewa. Aq membuat bahunya cukup kuat utk menopang dunia, nmn hrs ckup lembut pula dlm memberikan kenyamanan"
"Aku mmberinya kekuatan dari dlm utk menjadi Ibu yg melahirkan anaknya dan menerima sgala macam bentuk penolakan yg seringkali dtng dari anak2nya"

"Ibu memiliki kepekaan yg luar biasa dlm mencintai anak2nya di stiap keadaan, bhkan disaat anak itu bersikap sangat menyakiti htnya sekalipun."

Aq kutip dr postingan lamaku Tentang Perempuan

Bwt Ibunya Jeng Winda :
"sugeng ambal warso, selamat ulang tahun,
semoga sehat dan selalu dlm lindungan-Nya"
Amin.
*sorry commentnya panjang*

kucingkeren said...

jika masih ada.. datanglah, peluklah ibumu. sampaikan rasa sayang itu langsung... Di usia senja, meski tak terucap, sebetulnya mereka kesepian, selalu menanti kapan anaknya pulang.. sampaikan salamku juga pada ibumu ya..


--ygselalumenyesaltakpernahmemanfaatkanwaktubersamabunda--

wendra wijaya said...

Perempuan memiliki bahasanya sendiri dalam mengungkapkan segala hal. Titip salam buat ibuk, Senja.. Aku sayang dia meski belum punya kesempatan untuk mengenalnya..

Tukang Nggunem said...

Aku mewakili ibukmu ; " Nduk, kowe ndang cepet rabi..aku selak pengen menimang-nimang cucu, nunggu opo meneh to kowe? opo ndadak tak jodoke ro anake Pak Lurah sing ragil kae?"

angel said...

Hehehe. . .
Nasib aq n winda sama.
Dr kcil jarang ktemu ibu.
Kaku mw ungkapin rasa syg.
Suka debat ma ibu.
Kadang ska sebel ma larangan, argumen n omelannya.
Tp ska kangen n ngrasa brsalah saat jauh.
Mgkn ntar saat qta jd ibu jg qta bru bs paham spenuhnya np ibu dlu kyk gt.

Met ulang taun aja bwt ibunya winda.
Mga Tuhan berkahi beliau.

aYme said...

ga bs berkata2 mba,,,
terharu,,, :(
jd inget klo aku jg bnyk bgt slh sm ibu ku,,,
"Selamat Ulang Tahun"
toek ibu mu mba win,,,
smoga sllu dbrikan keshtan jasmani&rohani,,,
ibu mu jg pst sdh bangga, mlhat ank ny sdh mnjdi sarjana mba,,, :)

..DuduuuT said...

membaca postingan mba jadi ikut sedih..

sama sperti sayah..bilang sayang aja susah..

kumiz said...

renungan yg bagus buk...

met hari ibuk y ibuk sekelebat...

^^

fauzan said...

selamat ultah buat ibuknya mbak winda..
membaca postingan mbak winda, saya jadi malu hati.. saya sendiri kadang-kadang gak ngucapin selamat ultah (betapa malunya aku)(hari jadi sendiri juga gak pernah diurusin), gak seperti kakak saya yang selalu ingat hari jadi ibu.... oh ibu maafkan aku...

Haris Firdaus said...

senja, selamat ultah utk ibumu. aku blm bs nulis ttg ibuku di blog-ku. bahkan sekadar menulis ttg dia di blog sj aku blm bs...apalagi memberi peluk, cium, dan ungkapan kasih sayang yang lahiriah. tapi sm dengan tiap anak yang waras, aku sayang sibuku (aku panggil dy dia dengan "sibu").

NoRLaNd said...

Bisa diblg ini bisa menjadi sebuah renungan yang bagus sekali...


eN still, a nice article :)
[bisik2] salam buat camer nya y =))

ira puspitaningsih said...
This comment has been removed by the author.
ira puspitaningsih said...

hahaha...

mungkin ibuk kita sama.

guru yang katanya tanpa tanda jasa itu. [padahal pernah ngasih les -yg gak gratis- juga].

sibuk 6 hari seminggu, 8 jam sehari. [apalagi sekarang dia kuliah lagi karena harus ikut peraturan sertifikasi guru].

sibuknya ibukku bikin aku berjarak sama dia. gak bisa bilang sayang ke ibuk. gak bisa peluk ibuk setiap waktu. gak bisa cium ibuk kalo dia ulang tahun.

sma aku berantem sama ibuk. cuma gara-gara aku telat bangun tidur. ternyata di dapur ibuk masak sayur yang apinya masih hidup, dan dia tinggal mandi karena hampir telat ke kantor. [lha, ibuk juga oon, ngapain ninggalin kompor masih idup]. gosong deh itu sayur sepanci. ibukku marah besar. aku ditampar, tapi kutangkis, jadi meleset. kakakku ngomel. ibukku disuruh pergi ke kantor. aku disuruh minggat dari rumah. [hahaha, kakakku provokator]. katanya biar ibuk khawatir kalo anaknya minggat. jadi, nanti kalo marah gak khilaf mau nampar anaknya, ntar anaknya minggat lagi.

tapi itu dulu. beruntung aku kuliah di jogja. jarak denganku dan ibukku bikin hubungan kami 100% berubah. kami gak lagi sungkan untuk saling cipika-cipiki setiap ketemu. iya sih, soalnya paling banyak ketemu setahun 2 kali. pas libur semesteran. kadang malah cuma setahun sekali.

barusan ibukku sms: "capek, ujian tiga modul sekaligus. pening, mata leleh. gek lagi ngapain? ingat, jangan lupa sembahyang?"

hahaha, ibuk ibuk. aku selalu ingat kata-kata ibukku itu "jangan lupa sembahyang".

yah, namanya ibuk. pastinya seperti itu. tapi yang namanya ibuk, meski berapa kali berantem, tetep aja kita sayang sama ibuk.

met ultah buat ibukmu...

holden said...

mah masih mending, aku malah sering lupa hari ulang tahun ibuku

:) hehehe

bilang ibu met ultah ya

IKHSAN said...

senengnya yang masih punya ibu,,,,

ciwir said...

kasih ibu sepanjang jalan...
kasih anak sepanjang gajah eehhh galah...

eL said...

butuh nyali besar buat mengungkapkan perasaan pada orang lain, bagiku bahkan menjadi makin sulit justru ketika harus mengungkapkannya pada yang bagi kita sama sekali bukanlah orang lain (ibu, misalnya)
maka salut buatmu senja, sudah termasuk golongan yang berani, mengungkapnya, di ruang publik pula (ibu-mu pasti haru)

ah, aku jadi malu belum bisa seperti-mu .. *melamunjauh*

Caroline Sutrisno said...

"buk, aku ingin kau tahu bahwa aku sayang padamu, maaf bila tidak seperti cara orang lain mengungkapkan pada ibu mereka, dengan peluk dan cium. aku menyayangimu dalam tangisku ditengah malam yang sepi, dalam setiap kegagalan yang menimpaku, dalam setiap sikap kasarku yang menerbitkan penyesalan yang dalam. "

mengharukan banget! sebage seorang ibu junior aku terharu banget baca postingan ini. apalagi ibukmu... mumpung masih ada kesempatan, bahagiakan ibuk dan let her know that deep inside, you love her so much!

cahpesisiran said...

postingannya mengharukan sekali..
meski tak terucap, saya kira ibu bisa memahami perasaan kita kepadanya.

dewi fira said...

SEX TOYS PRIA
Vagina Getar Suara
Vagina Ngangkang Getar Suara

SEX TOYS WANITA
Penis Tempel Manual
Penis Maju Mundur Putar
Vibrator Lipstik
Penis Sakky Elektrik
Penis Kelabang

OBAT tAHAN LAMA
Maximum Powerfull
Africa Black Ant Kapsul
Procomil Spray
Darling
Stud 007

dewi fira said...

OBAT PERANGSANG WANITA
Sex Drops Cair
Potenzol Cair
Perangsang Jel
Red Spider Cair
Viagra Cair
DH2O Cair
Blue Wizard Cair
Black Ant Cair
Spanish Fly Cair
Spanish Fly D5
Obat Plant Vigra
Permen Ailida
Permen Karet Perangsang
Perangsang Serbuk
Black Ant Serbuk

ALAT PEMBESAR PENIS
Pro Extender
Vakum Pompa Penis

OBAT PEMBESAR PENIS
Neosize XL
Vigrx Plus
Vimax

OBAT MANDUL
Obat Penyubur Sperma
Obat Penyubur Kandungan
Obat Penambah Sperma

PEMBESAR PAYUDARA
Vakum Pompa Payudara

Anita Tri Ulina said...

Wonder Full. Semoga allah swt akan selalu mempermudah hambanya. Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwarePenyakitObatbusinesKesehatanHot NewsDownload E-bookKhasiat dan ManfaatHidup SehatDokter HerbalPenyakit

Anita Tri Ulina said...

Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwarePenyakitObatbusinesKesehatanHot NewsDownload E-bookKhasiat dan ManfaatHidup SehatDokter HerbalPenyakit

Game online said...

SHINCHANPOKER.COM AGEN POKER DAN DOMINO TERBAIK DI INDONESIA

MIYABIPOKER.COM AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA

CAHAYAPOKER.COM AGEN JUDI POKER DAN DOMINO UANG ASLI ONLINE TERPERCAYA INDONESIA

SAHABATQQ.COM AGEN DOMINO99 DAN POKER ONLINE TERBESAR DI ASIA

ituDewa.net Agen Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia

Anita Tri Ulina said...

Mantaps :) CurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerifCurzerif