sekelebatsenja: oh so angkutan umum..

oh so angkutan umum..

kalau mengandalkan kendaraan umum, sepertinya saya bakal selalu susah, not to mention hati dower kebanyakan mengumpat. 

sepanjang yang saya ingat, pengalaman saya dengan public transportation a.k.a kendaraan umum memang tak pernah beres. entah ya, saya yang tak sabaran atau emang transportasi umum yang kelewat menyebalkan.

biarlah saya tampak seperti neneknenek bawel ataupun tante galak di sinetron. saya lagi butuh pelampiasan. pasalnya kemarin saya baru saja dikecewakan. untuk menuju jogja saya harus menyediakan 1 jam waktu tambahan. 

berbekal jadwal hasil sms-an dengan teman saya, saya putuskan untuk naik kereta pramex XVII [kereta kedua terakhir] yang berangkat jam 17.55 dari stasiun purwosari, yang artinya dikurangi 15 menit kalau dari solo balapan. sengaja saya naik dari stasiun solo balapan, dengan harapan bisa dapat tempat duduk. hari sabtu sore penumpang biasanya lebih banyak.

becak sudah ngebut, saya datang tepat waktu. beli tiket beres, menunggu sebentar tak papalah, kereta datang. saya naik, akhirnya dapat tempat duduk. dalam bayangan saya, 60 menit kemudian pasti saya sudah ada di rumah, entah sudah mandi entah masih dudukduduk dulu. 

tapi bayangan kadang tak sejalan dengan kenyataan. kereta tak kunjung bergerak. 10 menit pertama, saya mencoba bersabar, 5 menit kemudian saya mulai garuk garuk kepala, 10 menit lagi saya gelenggeleng mencoba tak mengumpat,10 menit kemudian saya asyik dengan kamera dan ponsel, menitmenit kemudian sampai genap 1 jam tampaknya muka saya sudah terlihat abstrak. begitu pintu tertutup dan kereta mulai bergerak saya merasa aneh. entah senang karena kereta akhirnya berangkat [dengan label: kereta terakhir], bosen banget, atau kesal bersambung. 

dalam hati: besokbesok lagi jadi orang tak usahlah terlalu tepat waktu, toh keretanya ngetem lama.

pengalaman dengan kereta bukan satusatunya. kali ini bus sempat bikin saya kesal juga.
turun dari kereta, saya berniat naik transjogja. bergegaslah saya menuju halte dekat stasiun tugu, percaya bahwa dengan naik kendaraan ini saya bisa sampai halte cik ditiro dengan nyaman.
 
oh tentu tidak, pikir saya setelah dengar bus cuma akan berhenti sampai halte RS bethesda. ya tak papalah pikir saya, asal sampai. saya bisa menerima bila harus berjalan kaki lebih jauh. akhirnya saya duduk nyaman dalam bus mini AC itu. tapi tak cukup lama saya merasa nyaman. bis bergerak merayap karena ikut terjebak macet [kali ini setidaknya saya agak maklum karena jalanan jogja memang tak bisa mengakomodasi jalur khusus bagi kendaraan ini, tapi tetep kesal juga soalnya tadi sudah dikecewakan oleh pramex]. ya setidaknya kesal saya agak berkurang karena si mas pramugara bis ramah sekali dan tetap tersenyum meskipun hari sudah larut [tak seperti pramugara transjakarta yang suka marahin penumpang. rasanya ingin saya katakatain: “mas, pesen senyumnya satu ya..masukkan saja ke bill tambahan saya”]

cuma bus dan kereta saja?
tentu tidak..saya juga pernah bermasalah dengan angkot di bogor yang tak kasih tahu bahwa saya sudah sampai, taksi di solo yang minta saya bayar lebih dari angka yang tertera di argo, taksi di jakarta yang supirnya sungguh purapura tak tahu jalan. atau supir taksi aneh [masih di jakarta!] yang bikin saya langsung minta berhenti karena entah curhat entah berdeklamasi “99 persen yang tinggal disini adalah setan, termasuk saya dan anda. kita semua adalah setan. hiduplah setan. lihatlah, sebentar lagi kota ini akan tenggelam. tenggelam ke dasar samudera”

ingin rasanya saya dimasukkan karung dan diekspor ke jepang saja. 

43 komentar:

Sang Penyamun 150209 said...

lama gak kesini, apa kabar....

kok link ku blom ada ya disini..
di blog ku dah dari dulu lho.. hehehhe..


btw, klo kendaraan umu ya umumnya mang gitu deh, lebih asik kendaraan pribadi sih, klo mo pipis tinal nyari tempat sepi..

hehhehehe.....

haris said...

saya jg pernah bermasalah waktu naek Kopaja di Lebak Bulus. Kopaja itu berangkat kira2 satu jam setelah sy naek. padahal, waktu itu penumpang dah hampir penuh. banyak penumpang lain yang memaki2. sy sih diam aja. berusaha tenang, tidak sprti kebanyakan mereka yg di jakarta yg mudah sekali memaki dan marah! "oh, so jakarta!" :D

Cebong Ipiet said...

sabar mbak yu...koyo diriku ini loh sabar banget...*bangga*

Senoaji said...

wewww... sabar... sabar itu bundar [hayahhh!!!]

suryaden said...

hidup setan !!!

tukang Nggunem said...

kita semua adalah setan. hiduplah setan....!!!!!!!

Kowe numpak taksi setan?? betul2 pengalaman yang seru...btw piye nehi-nehi projectnya???

themahdavinovel said...

*Halo salam kenal

*Oh iya sy mengundang anda tuk membaca Novel sy yg berjudul HEXVERSTOONE di blog saya, kl gak keberatan sekalian di follow, mohon dukungannya

*Salam hormat

awan_clickerz said...

paling bisa !

kangen sama celoteh nya senja..
kangeeeen

Yup !

gajah_pesing said...

hidup setan!!!!

*melu panjoell

JiMmY luVhaRa said...

ah .. mereka itu memang begitu ..itulah kehebatan transportasi di indonesia ..

kadang membuat kesal hati tapi bersyukurlah daripada jalan kaki .. butuh berapa lama lagi..

wind jimmy kardus yang mo di kirim ke guetamala mau ?

cerita senja said...

@sang penyamun: hiya, itu makanya orang cenderung milih kendaraan pribadi

@haris: saya juga diam, haris. tapi ya itu tadi..jadinya juga setres, hehe

@mbak ebong: hihihi, toss yuk *pede*

@senoaji: polkadot gak?

@suryaden: hiya, hidup setan!

@mas njoell: halah, sampeyan kuwi setane kaliii..kita??:P *berasa dalam iklan XL*
nyuwun pangestunipun mugi saged lolos hehehehe

@themahdavinovel:halo, salam kenal juga

@awan: yihaaaa

@gajah pesing: hehe, mas njoell kok ya dimeluni ki pripunn..

@jimmon: kayak biksu tong, jim. tuh kerdusnya dikirim bareng apa?sapi pa kambing?:))

wendra wijaya said...

Wah.. akhirnya racauanmu bisa kubaca lagi, Senja...

Begitulah salah satu penyakit kota besar. Mau gimana lagi??!! heheeee..

hari Lazuardi said...

seng puenak mancal sepeda ontel wae...diterpa semilir angin sepoi-sepoi apalagi mboncengi sang kekasih hati :)

bli noq said...

jangankan dengan kendaraan umum, dengan kendaraan pribadi saja masih besar kemungkinan gak tepat waktu, soalnya jalanan macet. aku terlalu sering bermasalah dengan hal beginian di surabaya, denpasar dan jakarta. maka aku sering menghasut orang-orang (bali) untuk kembali menghidupkan ilmu ngeleak biar bisa terban, termasuk untuk diriku sendiri. tetapi ternyata, itu juga gak bisa membantu karena ternyata leak hanya omong kosong hehehe...

aku kangen celotehmu. maka teruslah mengomel :p

trijatapatricia said...

mau dunk ikut di eksport ke jepang !
he...he....ato mending kalo ke prancis aja, hmmm jerman juga boleh deh !

raie said...

hueee. supir taksinya lagi kemasukan tuh. :D

Rad Sujanto said...

"dalam hati: besokbesok lagi jadi orang tak usahlah terlalu tepat waktu, toh keretanya ngetem lama."

mungkin ini asal mulanya orang2 Indonesia mulai suka 'jam karet' =))

Mbah Koeng said...

jadi inget ma lgu iwan fals nech..
"kereta terlambat 1 jam itu biasa" tut..tut..tut......

Anantya said...

diobong wae kabeh win...

nona senja said...

@wendra: iya nih wen, gak mikir lagi sama orang lain. mikir diri sendiri doank. pilihannya cuman makan atau dimakan :))

@hari: oh no bung hari! mancal sepeda di jakarta?sepertinya bukan pilihan bagus :))

@bli noq: jadi pengen bisa ngleak nih, bli. kemanemane cepet, gak pake macet hehehe

@trijapatricia: kalo gitu saya juga mau donks,,dengan senang hati malah..:D

@raie:kemasukan? setres kali tu orang hahaha

@rad: yak, mungkin sekali rad. apalagi orang indonesia yang suka nyalahin keadaan :)) wah, aku donk tuh..

@mbah koeng: bisa gila donk saya, jadwal kacau semua pastinya

@anantya: diobong bareng sampah masyarakat ngana maksude, ree? btw, pa kabarmu?lama tak jumpa,kangen *halah*

Dony Alfan said...

Hancurlah kamu wahai kota setan! :D

dee said...

makanya saya ga sanggup naik angkot jarak jauh, non.. pilihan jatuh ke kereta ekonomi ac.. masalah mah ada aja.. kereta pernah telat sejam, pokoknya sering ngaretnya.. huff..

subagya said...

intinya sabar.. sabar....

Balisugar said...

lama gak main sini. Makin seru aja blognya, heuheu resiko kendaraan umum dimana-mana juga di alam setan hihiiiiik

tobucil said...

Wah ... angkutan umum emang ada-ada aja ceritanya, ya ...

zen said...

Jakarta itu menyenangkan. Seperti juga Jogja. Punya keindahannya masing-masing.

escoret said...

ah,biasa wae ahh.....
naik angkot ya enak..naik mtr ya enak....relatif....

masmpep said...

naik angkutan umum itu menyenangkan. asal kita menganggapnya menyenangkan. paling enak dalam angkutan umum kita dapat melakukan banyak hal. sambil merenung. atau melamun. 'menyepi' dalam 'keramaian'. hiruk pikuk membuat kita mengasingkan diri dalam pikiran sendiri. apa saja bisa kita pikirkan. dalam menunggu macet, dalam menunggu bus dan kereta berangkat. kadang-kadang karena pekerjaan, karena khusuk membaca, karena serius nonton tv, kita tak sempat merenung.

menunggu. menunggu di terminal. menunggu di stasiun. menunggu adalah saat-saat kita menemukan momentum untuk membuka hp. silakan survei, ketika orang menunggu sesuatu, reflek mengambil hp. sebagian mencoba main game. banyak dari mereka yang mencoba sms. teman-teman lama yang tak lagi bersua. menelepon sahabat yang merantau ke luar pulau.

saya berterimakasih dari momentum 'menunggu'. saya dapat berbuat banyak hal. merenung. melamun. merancang masa depan. mencari ide kado ulang tahun untuk pacar--atau istri. menjalin kontak sms (yang sekarang murah tapi kita tak sempat) dengan teman-teman. membaca koran yang dari tadi cuma digulung-gulung saja. mengamati kondektur yang wajahnya pias, kelelahan. mengamati timer, satu 'profesi' yang tak tercantum dalam kategorisasi 'kamus sosiologi'. menyaksikan pengamen yang tersenyum simpul. bergembira dengan gitar tuanya, bercanda dengan penjual rokok.

lho. kok malah jadi inspirasi posting juga nih, ha-ha-ha.

salam kenal.

dee said...

pengalaman lagi, naik angkot diturunin sembarangan. blom smp tmpt tujuan, hiks

nona senja said...

@dony alfan: hidup kota setan!!

@dee: kereta listrikkkk...kemaren waktu ke bogor sempat cobain juga dee, cuman naik yang pakuan, nyaman juga ya ;)

@subagya:kayak merek krupuk ya..:))

@balisugar: hohohohoho.thx

@tobucil:iya nih, atau saya saja yang baru sial

@zen: mosok to zen..aku belum nemuin ki keindahan jakarta. jakarta apik mung nek tengah malem. acara2 di jakarta kuwi hampir semua pake bayar, bau, kotor, macet, panas *halah malah curhat* kapan ya aku bisa menemui keindahan jakarta..i wish i could..

@escoret: hehehe, biasabiasa aja ya..wah, gak asik donks..

@masmpep: bagusss baguss, saya dapet pelajaran nih.thx

@dee: hah??bener tu dee?wih kasian benerrr..kamu jalan kaki donks. waks...

Lyla said...

hehehe... naik motor aja mbak... naik angkutan umum emang susah... di jogja kalo gak punya motor ya susah :D

btw ganti nama ya mbak... lama gak mampir neh :D

joe said...

salam kenal saja, baru pertama ke sini

Ksatrio Wojo Ireng said...

Angkutan Umum di tanah air memang sebuah wacana yang menjadi urut-dada serta perhatian khususnya bagi pengelola kota dan pengguna-nya agar selalu mengkritisi sisi pelayanan umum... saat angkot sudha dibenahi tuntas, niscaya kemacetan bisa berkurang..

Seneng udh bisa mampir kesini lagi - slaam hangat dari afrika barat!

suwung said...

maless... mahaalll. eh mbahas opo to mbak?
sip diriku akhir ya bisa komeng disini

life choice said...

hihihi..
aku juga selalu adaaaaa aja yang bikin kesel kalo naik angkutan umum :)

*mampir*

richard™ said...

jepang niy jreng. jadi inget style harajuku yg tabrakan.
hahaha... mungkin transportasi kita terinspirasi dari harajuku. biar gaya mungkin :)
btw, sabar ya gek. orang sabar disayang ke'nek .. garogol garogol :p

nona senja said...

@lyla: makanya orang lebih suka naek motor kali ya

@joe: salam kenal juga

@ksatria wojo ireng:bwetolll toss dulu sama saya..:D salam hangat juga..

@suwung: nggih mas, ude mahal, lemot pula :P

@lifechoice: benar sekali :D

@richard:bang ripsi, enaknya emang jepang. jerman juga bole, prancis juga bole...=)) *kok milih*

Puput said...

waaaah jangan gitu dong,,, gw kan bukan setan... kakinya aja napak di tanah

Anonymous said...

apa yang saya cari, terima kasih

dewi fira said...

OBAT PERANGSANG WANITA
Sex Drops Cair
Potenzol Cair
Perangsang Jel
Red Spider Cair
Viagra Cair
DH2O Cair
Blue Wizard Cair
Black Ant Cair
Spanish Fly Cair
Spanish Fly D5
Obat Plant Vigra
Permen Ailida
Permen Karet Perangsang
Perangsang Serbuk
Black Ant Serbuk

ALAT PEMBESAR PENIS
Pro Extender
Vakum Pompa Penis

OBAT PEMBESAR PENIS
Neosize XL
Vigrx Plus
Vimax

OBAT MANDUL
Obat Penyubur Sperma
Obat Penyubur Kandungan
Obat Penambah Sperma

PEMBESAR PAYUDARA
Vakum Pompa Payudara

dewi fira said...

SEX TOYS PRIA
Vagina Getar Suara
Vagina Ngangkang Getar Suara

SEX TOYS WANITA
Penis Tempel Manual
Penis Maju Mundur Putar
Vibrator Lipstik
Penis Sakky Elektrik
Penis Kelabang

OBAT tAHAN LAMA
Maximum Powerfull
Africa Black Ant Kapsul
Procomil Spray
Darling
Stud 007

Anita Tri Ulina said...

Wonder Full. Semoga allah swt akan selalu mempermudah hambanya. Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwarePenyakitObatbusinesKesehatanHot NewsDownload E-bookKhasiat dan ManfaatHidup SehatDokter HerbalPenyakit

Anita Tri Ulina said...

Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwarePenyakitObatbusinesKesehatanHot NewsDownload E-bookKhasiat dan ManfaatHidup SehatDokter HerbalPenyakit